Home Nasional Sarihusada dan Kemendikbud Canangkan Program ‘Warung Anak Sehat’ Melalui Edukasi Nutrisi

Sarihusada dan Kemendikbud Canangkan Program ‘Warung Anak Sehat’ Melalui Edukasi Nutrisi

0
SHARE
Government and External Scientific Affair Director Danone Indonesia, Rachmat Hidayat dan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Kemendikbud RI, Wowon Widaryat beserta para Kepala Sekolah SD Kohod I,II,II dan IV saat Stand Cermony Hand Stamp saat acara pencananangan 'Warung Anak Sehat' di SDN Kohod III, Pakuhaji Kabupaten Tangerang, Banten. Foto : ayu

TangerangPos.com, Kabupaten Tangerang – Berupaya untuk turut mengentaskan permasalahan gizi anak Indonesia demi mendorong tercapainya Anak Generasi Maju, Sarihusada kembali melakukan intervensi gizi dan kesehatan kesekolah-sekolah dasar secara Intensif, sebagai bagian dari program Warung Anak Sehat yang telah berjalan selama dua tahun, kali ini Sarihusada melakukan kegiatan edukasi nutrisi bertajuk “Aku Anak Sehat : Jajananku Harus Sehat” yang dicanangkan di SDN Kohod III, Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten. Selasa (08/08/2017).

Government and External Scientific Affair Director Danone Indonesia, Rachmat Hidayat kepada tangerangpos.com mengatakan bahwa Kegiatan Edukasi Nutrisi di Desa Kohod dan Desa Kalibaru, Pakuhaji merupakan kolaborasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI) untuk menyukseskan Program Gizi Anak Sekolah (Pro-GAS).

“Desa Kohod kini sedang dalam pembangunan untuk menjadi Desa Sejahtera, sehingga kami ingin turut berkontribusi dari sisi pemenuhan nutrisi demu mencetak “Anak Generasi Maju”. Adapun Program Warung Anak Sehat juga turut hadir di Kota-Kota lain yaitu, Bogor, Bandung, Yogyakarta dan Ambon, dengan 350 titik SD baik level Kota maupun Kabupaten,” Jelasnya.

Government and External Scientific Affair Director Danone Indonesia, Rachmat Hidayat dan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Kemendikbud RI, Wowon Widaryat beserta para Kepala Sekolah SD Kohod I,II,II dan IV minum susu bersama. Foto : ayu

Rachmat juga menjelaskan bahwa Edukasi Nutrisi dari Program Warung Anak Sehat ditujukan untuk seluruh pihak terkait, yaitu orangtua, guru, murid dan penjual pangan jajanan di area sekolah.

“melalui edukasi nutrisi ini diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya asupan nutrisi seimbang sesuai kebutuhan anak usia sekolah,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Kemendikbud RI, Wowon Widaryat mengatakan Salah satu indikator penting dari Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah penerapan pola makan yang aman, sehat dan bergizi. Tidak hanya orangtua yang berperan untuk menciptakan pola tersebut, namun lingkungan sekolah juga turut andil dalam menyediakan pendidikan dan akses terhadap pangan jajanan yang lebih sehat dan bergizi kepada para peserta didik.

“Saya harapkan Program Warung Sehat melalui kegiatan Edukasi Nutrisi dapat menguatkan upaya pemerintah yang selama ini telah berjalan, yaitu Program Gizi Anak Sekolah (Pro GAZ) dengan memberikan sarapan yang aman, sehat dan bergizi, saya rasa ini merupakan perpaduan yang harmonis dan harus dilakukan secara suistanable atau berkelanjutan, “ paparnya.

Adapun tuan rumah kegiatan pencanangan Nutrisi Sehat, Kepala Sekolah SDN III Kohod III, Jumadi,S.Pd sangat antusias dan menyambut baik kehadiran Kemendikbud dan Sarihusada yang telah mencanagkan program Warung Anak Sehat dengan kegiatan Edukasi Nutrisi di SDN Kohod III.

“kami ucapkan terimakasih kepada Kemendikbud, khususnya Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, pa Wowon dan dari Sarihusada, dalam hal ini diwakili pa Rachmat yang telah berkenan menjadikan tempat kami, SDN Kohod III sebagai tempat pencanangan program Warung Anak Sehat dengan kegiatan Edukasi Nutrisi kepada anak-anak kami, baik di SDN Kohod I,II,III dan IV,” ungkapnya.

Siswa-siswi SDN Kohod III bersemangat minum susu SGM bersama. Foto : ayu

Jumadi juga berharap agar program tersebut dapat terus berkelanjutan dan berkesinambungan denngan agenda kesehatan sekolah dan jga Pro-GAS yang saat ini sedang berjalan di sekolahnya.

“mudah-mudahan melalui edukasi nutrisi ini, keluarga besar SDN Kohod III dapat berkomitmen memperbaiki perilaku mengkonsumsi makanan dan minuman yang aman, segat dan bernutrisi dalam rangka pengingkatan kualitas hidup warga sekolah,” pungkasnya. (ayu)