Home Tangerang Kab. Pawai Karnaval di Pondok Makmur Berlangsung Meriah

Pawai Karnaval di Pondok Makmur Berlangsung Meriah

0
SHARE

Beragam cara dilakukan masyarakat untuk mencintai budaya dan rasa nasionalisme, salah satunya dengan menggelar Karnaval untuk merayakan HUT RI Ke-72 di Perumahan Pondok Makmur, Kutabaru, Kabupaten Tangerang.

Setelah usai melakukan upacaya pengibaran bendera Merah Putih di lapangan RW 08 Kelurahan Kutabaru, Kecamatan Pasar Kemis Kamis pagi tadi Kamis (17/8/2017), seluruh warga yang terhimpun dari sejumlah rukun tetangga kembali berkumpul untuk melakukan long march dan pawai karnaval.

Tiap kelompok peserta karnaval diwajibakn memakai atribut atau busana adat daerah yang ada di Indonesia. RT 04 RW 08 dalam perayaan HUT Kemerdekaan tahun ini melengkapi kelompoknya dengan pakaian adat Bali.

Tak hanya menggunakan pakaian adat Bali, peserta yang dikomandani oleh Ketua RTnya sendiri, Syaiful Bahrie mengungkapkan warganya bakal menggelar Tarian Kecak.

“Sebagai bagian dari rasa cinta kepada Tanah Air dan budaya luhur bangsa Indonesia, kami juga menari Kecak,” ungkap Syaiful penuh semangat.

Sontak saja luapan kegembiraan warga yang menyaksikan iring-iringan karnaval di pinggir jalan semakin riuh dan membuncah kemana-mana.

Arief salah satu warga Pondok Makmur mengaku senang di lingkungannya kegiatan karnaval seperti Jember Fashion Carnival dalam skala kecil selalu hadir tiap tahunnya.

“Senang banget, kita jadi terhibur tak perlu ke mal-mal di hari libur 17-an. Merayakan kemerdekaan dengan sederhana tapi meriah, Merdeka,” ujarnya sambil mengepalkan tangan.

Di tempat terpisah Mintoyo saalah satu pengurus RW O8 Kelurahan Pondok Makmur Kelurahan Kutabaru, menuturkan bahwa kegiatan yang kerap diselenggarakan tiap tahun di wilayahnya tidak hanya untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan tetapi juga untuk merawat dan menumbuhkan rasa kebersamaan.

“Di Hari Kemerdekaan mari kita sama-sama merawat dan menumbuhkan rasa kebersamaan, dan budaya gotong-royong sebagai modal kita menuju masyarakat baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” ujarnya. (rsd)