Home Nasional Luar Biasa! Pramuka Tembus Tiga Titik Pengungsian Rohingya 

Luar Biasa! Pramuka Tembus Tiga Titik Pengungsian Rohingya 

0
SHARE
Pramuka dan Para Pengungsi Rohingya. Foto : ist/dok Kwarnas Pramuka

​Tangerangpos.com – Konflik kembali bergejolak dan menimpa pengungsi kelompok minoritas Rohingya di Myanmar. Indonesia memiliki peran besar untuk mendorong agar kekerasan yang terjadi di Rakhine segera dihentikan. Atas dasar rasa kemanusiaan, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berhasil menembus ke kantong-kantong pengungsian Rohingya untuk menyalurkan bantuan.

“Alhamdulillah atas dasar nilai-nilai kemanusiaan dan pengamalan Dasa Dharma Pramuka, Pramuka coba hadir langsung ke kantong pengungsian muslim Rohingya di daerah Sittwey Rakhine State Myanmar,” kata Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana Eko Sulistio kepada JawaPos.com, Sabtu (2/9).

Kaum islam Rohingya Di Myanmar, mengalami kekerasan di mana ratusan rumah dibakar. Eko mengungkapkan perjuangan Pramuka menembus lokasi pengungsian untuk mendistribusikan bantuan pascakonflik.

“Memang tak mudah dalam menuju dan mendistribusikan bantuan pasca konflik yang baru saja terjadi 1 minggu yang lalu. Kami berupaya pintar-pintar melihat situasi dan kondisi serta terus mengupdate berita dilapangan, baik informasi dari mitra lokal atau relawan lokal dan juga pekerja kemanusiaan seperti dari Turki, Jerman, Prancis, Australia, Malaysia,” papar Eko. (JawaPos.com)