Home Tangerang Kota KPU Apresiasi Inisiatif Tangerang Raya Media Selenggarakan Pelatihan Relawan Demokrasi 

KPU Apresiasi Inisiatif Tangerang Raya Media Selenggarakan Pelatihan Relawan Demokrasi 

0
SHARE
Ki-ka : Sekdis KomInfo, Syamsul Bahri, Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim, Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi Pane, Pimred Tangerang Raya, Helmi Halim, CEO Tangerangpos.com, Kang Ade Yunus, Peserta dan Pimred Bantensatu.com, Wahyu. Foto : ayu

​Tangerangpos.com, Kota Tangerang – Ratusan peserta yang berasal dari seluruh kecamatan se-Kota Tangerang mengikuti Pelatihan Kader Relawan Demokrasi yang berlangsung di Hotel Allium, Kota Tangerang, Jumat (08/09/2017).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Media cetak harian Tangerang Raya ini, merupakan wujud partisipasi media dalam mensukseskan Pilkada Kota Tangerang 2018 mendatang.

Pimpinan Redaksi Tangerang Raya, yang juga penggagas acara, Helmy Halim mengatakan, pelatihan kader relawan demokrasi tersebut, dalam rangka membantu tugas sosialisasi pelaksanaan pilkada serentak di Banten pada 2018 sekaligus mencetak kader relawan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan pilkada yang jujur dan adil.

“Kami berharap nantinya para kader yang dilatih mampu mengawal dan memantau jalannya proses pilkada serentak di 4 daerah di Banten pada tahun 2018 mendatang,” kata Helmy.

Peserta pelatihan terdiri dari seluruh unsur masyarakat, seperti  dari unsur wartawan, mahasiswa, pemuda dan warga yang tinggal di Kota Tangerang. Para kader ini dibekali materi mengenai Hukum, jurnalitik dan IT yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada.

Sekretaris Diskominfo Samsul Bahri yang mewakili Pemkot Tangerang berharap, Pilkada yang akan dilaksanakan di Kota Tangerang berjalan aman dan damai. Menurut Samsul, dengan pelatihan tersebut, akan mengindari adanya berita Hoax atau berita provokatif yang dapat menciptakan suasana tidak kondusif.

Terkait keamanan, Pasi Intel Kodim 0506/Tgr, Kapten Inf, Agus Salim mengungkapkan, saat ini situasi keamanan yang ada di wilayah Kodim 0506/Tgr yang meliputi tiga wilayah, yaitu Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan dalam keadaan aman dan kondusif.

Hadir sejumlah narasumber yang berkompeten dibidangnya, seperti Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane, Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim dan Sekdis KomInfo, Syamsul Bahri.

Pelatihan yang dipandu oleh Aktivis Kota Tangerang sekaligus Pemerhati Kebijakan Pemerintah, Ade Yunus Albarzanji tersebut, berlangsung kurang lebih selama 2 Jam, dengan lebih memperbanyak dialog interaktif dengan para narasumber.

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi mengapresiaisi inisiatif yabg dilakukan oleh Tangerang Raya Media untuk menyelenggarakan kegiatan Pelatihan tersebut tanpa adanya sedikitpun bantuan dari KPU Kota Tangerang.

“Mestinya memang Relawan Demokrasi ini memang Program KPU, namun rupanya sudah didahului oleh Tangerang Raya yang secara mandiri menginisiasi kegiatan ini, oleh karena itu kami sangat apresiasi, ” ujarnya.

Pria yang biasa disapa Pane ini mengajak peserta Relawan Demokrasi dapat membantu KPU kota Tangerang dalam mensosialisasikan Pilkada Kota Tangerang 2018.

” Mari Bersama Sukseskan Pilkada Kota Tangerang 2018, karena pilkada yabg legitimate adalah selain peserta  dan penyelenggaranya beritegrasi juga adanya partisipasi masyarakat, ” tandasnya.

Sementara Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim merasa tidak lagi sendirian dalam mengawasi jalannya Pilkada mendatang.

” Alhamdulillah berarti saya tidak sendiri mengawasi, ada kawan-kawan relawan yabg turut secara sukarela mengawal proses pilkada Kota Tangerang 2018 mendatang, ” pungkasnya. (gor)