Home Nasional M. Ali Taher Desak Menaker Selidiki Pabrik Kembang Api Yang Memperkerjakan Anak...

M. Ali Taher Desak Menaker Selidiki Pabrik Kembang Api Yang Memperkerjakan Anak Dibawah Umur

0
SHARE
Ketua Komisi VIII DPR RI, M Ali Taher. Foto : ist

​TangerangPos.com, Jakarta – Ketua komisi VIII DPR RI, Muhammad Ali Taher Parasong menyesalkan adanya pekerja di bawah umur yang bekerja di pabrik kembang api PT Panca Buana Cahaya Sukses (PBCS) di Kosambi, Tangerang, Banten.

Seperti diketahui bahwa Pabrik tersebut, pada Kamis (26/10) yang lalu, meledak dan menewaskan 47 korban dan melukai 46 orang lainnya.

Legislator dari Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut  mendesak Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) harus meninjau langsung dan memeriksa izin PT Panca Buana Cahaya Sukses serta melakukan evaluasi dan mengecek perizinan pabrik kembang api itu secara langsung.

“Pabrik tersebut ternyata banyak mempekerjakan pekerja di bawah umur dan lokasi pabrik yang tidak sesuai karena jarak yang dekat dengan pemukiman warga dan fasilitas pendidikan,” ujar Anggota DPR RI Dapil Banten III tersebut, Sabtu (28/10).

Ali Taher mendorong agar Kemenaker dapat saling komunikasi dan kordinasi dengan Kementerian Perlindungan Anak dan Perempuan serta Polri dalam menyelesaikan peristiwa ini.

Sebab, banyak korban dari peristiwa tersebut yang merupakan anak di bawah umur dan perempuan.

“Kemenaker harus melalukan komunikasi dan kordinasi kepada pihak pihak terkait karena banyak yang dilanggar baik dari sisi perizinan dan standart keamanan pabrik itu sendiri,” tambahnya.

Ali pun mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada para korban kebakaran pabrik kembang api. Dia prihatin dan bersedih atas peristiwa ini.

“Saya mengucapkan belasungkawa kepada 47 korban yang tewas dan puluhan pekerja lain yang mengalami luka luka dalam peristiwa kebakaran pabrik kembang api di Kosambi, Tangerang, Banten,” pungkasnya. (red/jpnn/ayu)