Home Tangerang Kab. Serius Tingkatkan Sanitasi, Pemkab Tangerang Gagas Deklarasi Tangerang

Serius Tingkatkan Sanitasi, Pemkab Tangerang Gagas Deklarasi Tangerang

0
SHARE
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. Foto : ist

​TangerangPos.com, Kabupaten Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang serius dalam meningkatkan akses sanitasi dan air minum masyarakat Kabupaten Tangerang. Keseriusan tersebut diwujudkan dengan program Sanitasi Berbasis Sekolah (Sanisek).

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan Sanisek sangat penting agar generasi muda berperilaku hidup sehat dan bersih. Untuk itu, program sanitasi tersebut dimulai dari sekolah.

“Bagaimana anak-anak kita belajar dengan baik dan menjadi generasi bangsa yang unggul apabila belajar di dalam lingkungan yang tidak sehat dan kondisi yang kotor,” ucap Zaki saat Advokasi Horizontal Learning Sanitasi Sekolah di Hotel Atria Tanggerang, Rabu (15/11/2017).

Dalam forum tersebut selain mengupas berbagai persoalan tentang sanitasi sekolah juga diadakan ikrar dalam suatu deklarasi yang dinamakan Deklarasi Tangerang. Dalam deklarasi tersebut, seluruh Kepala Daerah mendeklarasikan kesadaran menyediakan sanitasi yang bersih dan sehat di sekolah secara berkelanjutan.

“Karena semua sekolah harus memiliki akses pada air yang aman, sarana jamban sekolah yang terpisah, terpelihara dengan baik dan berfungsi, serta fasilitas cuci tangan dengan air mengalir dan tersedia sabun,” ujar Zaki yang menjadi narasumber bersama Bupati Malang, Serang, dan Wakil Walikota Samarinda.

Deklarasi ini merupakan komitmen untuk mendorong terpenuhinya hak anak untuk mendapatkan akses air sanitasi dan kebersihan yang aman dan layak di sekolah. Mendorong terlaksananya program sanitasi sekolah yang komprehensif. (red/ayu)