Home Tangerang Kota IMM FKIP UMT Gelar Seminar Tentang Menulis

IMM FKIP UMT Gelar Seminar Tentang Menulis

0
SHARE

Kita tidak selamanya mampu berbicara, tidak selamanya mampu bergerak. Ketahuailah teman-teman hanya tulisan yang kita tulis akan menjadi manfaat untuk orang banyak ketika kita tidak mampu lagi
berbicara, ketika sudah tidak mampu bergerak. Hal itu mengemuka pada sambutan Ii Suprotul Markiah selaku Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Cabang Kota Tangerang. Dalam seminar kepenulisan di Aula Lt 7 Universitas Muhammadiyah Tangerang, Minggu (19/11/2017).

Antuisias peserta seminar menulis memadati aula lantai 7 Gedung A, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Jl Perintis Kemerdekaan Cikokol Kota Tangerang. Kegiatan dimulai sejak pukul 08.00 Wib diikuti oleh 170an peserta terdiri dari mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Kegiatan ini dikomandoi oleh Muhammad Sigit selaku ketua pelaksana yang digagas bersama oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMT.

Seminar kepenulisan ini diisi oleh dua orang pemateri, yang pertama diisi oleh Dr. Away Enawar, M.M Budayawan yang juga Dekan FKIP UMT. Pemateri yang kedua adalah Langlang R, yang merupakan novelis dan script writer berbagai sinetron dan FTV. Kegiatan ini bertemakan “Menciptakan Generasi Penulis yang Berkualitas”.

Kehadiran kedua pemateri ini memberikan pokok bahasan yang konkret dan pembaharuan terhadap dunia literasi. Dr. Away Enawar, salah satu pemateri memberikan paparannya pada sesi pertama. “Keterlampilan menulis dalam empat aspek keterlampilan berbahasa adalah keterlampilan yang paling tinggi tingkatnya, sebab tidak semua orang bisa menulis,” pungkas Dr. Away Enawar, dramawan Nasional yang juga penulis kumpulan puisi yang berjudul Turbulensi. Selain
memberikan materi tentang kepenulisan dia juga memberikan berbagai kiat untuk menekuni dunia literasi dan sastra. Materi pada sesi pertama ditutup oleh Dr. Away dengan pembacaan puisi karya Toto ST Radik pada kumpulan puisinya Kepada Para Pangeran.

Dilanjut sesi kedua materi seminar disampaikan oleh Langlang R. materi yang disampaikan oleh Langlang, memuat konten berbagai hal tentang menulis dan dunia literasi. “Menulis itu bisa jadi menjadi sebuah profesi yang serius, walau bisa dilakukan dimana saja tapi kita perlu melakukan riset dan banyak membaca terkait dengan hal yang kita akan tulis”. Ujar langlang yang juga relawan di Rumah Dunia, Serang-Banten.

Sesi kedua memuat sesi tanya jawab yang dipandu oleh D Pebrian sebagai moderator yang juga alumni FKIP Universitas
Muhammadiyah Tangerang. Sehingga terciptanya suasana yang lebih komunikatif. Sekadar informasi acara tersebut juga dihadiri oleh Tri Laksono sebagai Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Tangerang yang membuka kegiatan acara seminar kepenulisan. Selain itu acara semakin membuat para peserta menjadi tersentuh dengan adanya penampilan pembacaan puisi karya Away Enawar yang dibacakan oleh Nur Fadhilah yang juga aktif membacakan puisi di berbagai kegiatan sastra di Kota Tangerang.(dp)