Home Tangsel Jali Merah Institute dan STIE Ganesha Gelar Diskusi  Publik 

Jali Merah Institute dan STIE Ganesha Gelar Diskusi  Publik 

0
SHARE
Dr.Mulyono, M.Si (Akademisi STIE Ganesha), Ahmad Iskandar, SE, M.Ap (Analis Senior Direktorat Humas OJK), serta Joned Ceillendra, SE,MM (Akademisi STIE Ganesha) selaku Moderator. Foto : aries Soendoro

TangerangPos, Tangerang Selatan –  Diskusi Publik dengan tema “Meningkatkan Peran Pelaku Usaha Jasa Keuangan dalam Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan”, sukses diselenggarakan oleh Jali Merah Institute bersama dengan STIE Ganesha, pada Rabu (29/11/17) bertempat dikampus STIE Ganesha Jln.Legoso Raya no 31 Ciputat Tangerang Selatan.

Hadir sebagai pembicara diskusi  Dr.Mulyono, M.Si (Akademisi STIE Ganesha), Ahmad Iskandar, SE, M.Ap (Analis Senior Direktorat Humas OJK), serta Joned Ceillendra, SE,MM (Akademisi STIE Ganesha) selaku Moderator, selain itu hadir pula pada acara tersebut Ketua STIE Ganesha yang diwakili oleh Rasmawati, SE, MM (Wakil Ketua 1),   Ketua Analis Jali Merah Institute  Robby Sirait.

Kurang lebih 100 peserta menghadiri diskusi tersebut diantaranya terdiri dari Dosen dan Mahasiswa serta tamu undangan antusias mengikuti diskusi publik hingga tuntas.

Dalam sambutannya,  Rasmawati Wakil Ketua STIE Ganesha berharap jalinan kerjasama ini dapat berkesinambungan tidak berhenti sampai disini.

” tema ini banyak diseminarkan di Perguruan Tinggi Swasta lainnya karena masih banyak masyarakat awam bahkan mungkin dikalangan akademisi terutama mahasiswa belum semuanya memahami apa fungsi literasi dan inklusi keuangan disektor jasa keuangan,” paparnya.

Rasmawti berharap melalui diskusi publik dapat Menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat bagi para peserta.

” Sehingga ada perubahan pemikiran dalam mengkondisikan keuangan pada posisi yang tepat, dapat menjadi inspirasi untuk melakukan penelitian ilmiah dengan tema keuangan, serta dapat dimasukkan dalam program pengabdian masyarakat sebagai perwujudan dari Tridharma Perguruan Tinggi,” harapnya.

Sementara Pengurus Jali Merah Institute dalam sambutan yang disampaikan oleh kristin, menyatakan bahwa Jali Merah Institute merupakan lembaga non profit yang pendiriannya bertujuan ikut andil sebagai salah satu komponen bangsa & negara dalam meningkatkan pengetahuan dan literasi masyarakat terkait isu isu ekonomi,sosial,keuangan dan perbankkan.

” Menurut data 29,66% saat ini tingkat literasi dan pengetahuan masyarakat  masih rendah khususnya terhadap hal hal yang sifatnya spesifik terkait ekonomi, keuangan dan perbankkan, serta tingkat inklusifitas jasa keuangan Indonesia yang juga masih rendah hanya  67,82%  untuk itu Jali Merah Institute bertekad mengambil peran sebagai salah satu komponen bangsa dalam meningkatkan pengetahuan dan literasi masyarakat Indonesia khususnya yang berada dilingkungan akademik atau kampus dengan cara melakukan peran knowladge, STIE Ganesha merupakan kampus ke 11 yang sudah kerjasama dalam merealisasikan cita cita kami”, pungkasnya.

Diskusi publik diisi dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh pembicara kemudian dilanjut dengan sesi tanya jawab dipandu oleh moderator, akhirnya diskusi publik ini menghasilkan kesimpulan:

1). Perlu sinergi antara Pemerintah dalam hal ini BI, OJK, Departemen Keuangan dan Pelaksana umum Jasa Keuangan untuk meningkatkan peran masyarakat tentang lembaga produk dan layanan jasa keuangan.

2). Perlu melakukan edukasi literasi keuangan dan membangun infrastruktur guna meningkatkan pemahaman masyarakat untuk mempercepat literasi dan inklusi di sektor jasa keuangan.

3). Finance Technologi adalah sebuah keniscayaan dan OJK hrs membantu mensosialisasikan dalam era digital banking dimasa yang akan datang. (as)