Home Pemilukada Gandeng FORWAT, KPU Optimalkan Sosialisasi Pilkada Kota Tangerang 2018

Gandeng FORWAT, KPU Optimalkan Sosialisasi Pilkada Kota Tangerang 2018

0
SHARE
Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi (berdiri), Pembina FORWAT, Ade Yunus Albarzanji dan Ketua FORWAT, Andi Lala. Foto : Forwat

TangerangPos.com, Kota Tangerang – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Tangerang wajib melibatkan media dalam Sosialisasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang tahun 2018. Demikian hal itu ditegaskan Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi Pane saat acara sosialisasi KPU Goes To Parmas bersama puluhan awak media yang tergabung dalam Forum Wartawan Tangerang ( Forwat ), Kamis (18/1/2018) bertempat di Camp Cafe, Kota Tangerang.

Menurut Pane, peran media sangat penting dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat, sehingga pemilih dapat memilih haknya.

Seperti halnya dalam Pilkada Kota Tangerang yang hanya mengusung pasangan calon tunggal dan kolom kosong. Kata Pane Wartawan atau awak media dapat memberikan informasi bahwa kota kosong dapat menjadi hak pilih masyarakat.
Meski begitu, sosialisasi itu tidak boleh menjelek jelekan pasangan calon, juga sebaliknya.

“Ada pilihan lain, coblos salah satu pasangan calon atau kolom kosong, karena itu adalah pilihan yang sah,” ujar Pane.

Pelaksanaan hajat lima tahunan itu, jelas Pane tidak akan terlaksana dengan baik tanpa peran serta semua pihak, untuk itu Pane mengajak seluruh element masyarakat untuk terlibat bersama mensukseskan Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang yang akan dilangsungkan 27 Juni 2018 mendatang.

” KPU tidak berdiri sendiri, sesuai taglinenya bersama sukseskan. Kami berharap semua pihak berkewajiban yang sama untuk mensukseskan Pilkada Kota Tangerang. Forwat juga harus menjalankan tugasnya sebagai penyimbang komunikasi dan informasi,” katanya.

Narasumber lainya, Ade Yunus Albarzanji menegaskan bahwa ada empat peranan media dalam pilkada Kota Tangerang.

“pertama, media berperan sebagai Kontrol, kedua, sebagai penghantar informasi kepada publik, ketiga, sebagai pembentuk opini dan terakhir, sebagai peneduh dalam memberikan informasi,” tandas pembina FORWAT tersebut.

Sementara, Ketua Forwat, Andi Lala mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang difasilitasi KPU tersebut. Menurut dia pertemuan dengan KPU itu bisa menjadi jembatan informasi antara kedua belah pihak. Andi berharap KPU dapat bekerja profesional dan netral, sehingga pelaksanaan Pilkada Kota Tangerang nanti dapat berjalan lancar, aman dan damai.

” Kami berkomitmen sebagai penyimbang, tetap mengawal proses Pilkada yang dilaksanakan KPU. Tujuannya adalah yang untuk kebaikan bersama dan saling mengingatkan” pungkas pria yang biasa disapa Lala itu (tagor)