Home Banten 130 Sekolah Smk se Kota Tangerang Siap Menggelar UNBK

130 Sekolah Smk se Kota Tangerang Siap Menggelar UNBK

0
SHARE
Ketua Majelis Musyawarah Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Tangerang Drs H Syamsul Bahri.

TangerangPos.com, Kota Tangerang – Sebanyak 130 SMK baik negeri maupun swasta di Kota Tangerang dipastikan siap menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Hal tersebut ditegaskan ketua Majelis Musyawarah Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Tangerang Drs H Syamsul Bahri saat menggelar rapat koordinasi dengan seluruh kepala sekolah di SMK Perguruan Budhi, Rabu (21/3/2018) Kemarin

pihaknya mengaku sudah berkomitmen untuk melaksanakan ujian nasional berbasis komputer tersebut di seluruh SMK baik negeri maupun swasta yang ada dikota tangerang.

“Kita seratus persen siap menggelar UNBK,”kata Syamsul yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala SMK PGRI 2 Kota Tangerang. Kamis (22/3/2018)

Ia mengaku terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak mematangkan kesiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK dikota Tangerang

“Pada simulasi yang kemarin kita lakukan memang ditemukan berbagai kendala bagi sekolah yang baru tahun ini menggelar UNBK, tapi dengan kerjasama yang baik dari seluruh SMK yang ada dikota tangerang insya allah kita dapat mengatasinya,”jelasnya.

Ia mengklaim seluruh SMK dikota tangerang memiliki fasilitas yang mumpuni untuk menggelar ujian tersebut.

“Secara kesiapan SMK yang ada di Kota Tangerang saya pikir sudah cukup, baik sarana dan prasarana. Tinggal kesiapan teknis dari para siswa saja, tapi dengan simulasi dan try out yang telah kami gelar kemarin kami rasa anak anak sudah cukup bisa,”terangnya.

Ia menilai ujian menggunakan komputer lebih efisien dan menguntungkan jika dibandingkan dengan ujian menggunakan kertas dan pensil.

“Dengan sistim UNBK waktu yang dibutuhkan lebih cepat karna untuk tiap soal bisa dimanfaatkan lebih efektif untuk membaca soal dan berpikir menemukan jawaban,”katanya.

Menurutnya dengan menerapkan ujian berbasis komputer, siswa dapat mengetahui dengan pasti apakah semua nomor sudah dikerjakan ataupun untuk meneliti kembali nomor mana yang masih diragukan jawabannya.

“Terlebih informasi waktu yang menunjukkan masih berapa menit tersisa untuk menyelesaikan tes tersebut tampil,”pungkasnya. (gor)