Home Nasional Tekan Inflasi Saat Ramadhan dan Lebaran, Kemendag Terus Pantau Stabilitas Pasar

Tekan Inflasi Saat Ramadhan dan Lebaran, Kemendag Terus Pantau Stabilitas Pasar

0
SHARE
Sekjen Kementerian Perdagangan, Srie Agustina (tengah), Didampingi Kepala Dinas Perindag Kota Tangerang, Agus Sugiono dan Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati, saat Meninjau Pasar Anyar Kota Tangerang. Foto : des

TangerangPos.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution usai memimpin rapat koordinasi (rakor) dengan Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP). Agenda yang dibahas dalam rapat kali ini mengenai kesiapan pemerintah menjaga inflasi menjelang Ramadan dan Lebaran 2018.

Sekjen Kementerian Perdagangan Sri Agustina mengatakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk menjaga angka inflasi di level rendah dengan melakukan operasi pasar.

“Kan sekarang sudah jalan terus (operasi pasar). Jadi intinya adalah pasok terus masuk ke pasar. Saat ini karena harga-harga masih cenderung stabil dan beberapa sudah HET (harga eceran tertinggi), dari pantauan kita, jadi pasar jalan aja terus ke pasar,” kata Agustina usai rakor inflasi di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (8/5/2018).

Irjen Kementerian Perdagangan RI, Srie Agustina, SE, ME dan Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati saat Monitoring Stok dan Harga Sembako Jelang Ramadhan di Pasar Anyar. Foto : des

Dia mengatakan, hasil pemantauan tim Kementerian Perdagangan di 190 pasar pergerakan harga masih stabil dan stok komoditas pangan inti seperti beras, gula, minyak goreng tersedia dan harganya cenderung turun.

“Daging kita menyediakan daging beku. Untuk daging sapi beku juga sudah. Pokoknya sampai pasca Lebaran akan mengalir terus. Jadi daging tidak masalah karena ada alternatif pilihan,” papar dia.

Dengan begitu, Agustina optimistis bahwa pergerakan komoditas pangan inti bisa terus turun sepanjang puasa dan Lebaran tahun ini.

“Intinya pemantauan kita harganya masih stabil dan beberapa malah turun. Bawang putih yang tadinya tinggi dari Rp 35.000 per kg sekarang Rp 20.000 per kg. Karena bawang putih impor sudah mulai masuk. Di distributor malah sudah Rp 14.000. Biasanya kalau cukup, insyaAllah akan terkendali harga,” ujar dia.

Sebelumnya diberitakan tangerangpos.com, Sekjen Kementerian Perdagangan RI, Srie Agustina didampingi Kepala Dinas Perindag Kota Tangerang, Agus Sugiono dan Direktur PD Pasar Kota Tangerang, Titin Mulyati kunjungi Pasar Anyar Kota Tangerang untuk memonitoring pasokan dan Harga sejumlah komoditas pangan. (df)