Home Tangerang Kota Wujudkan Konsumen Cerdas, Disperindag Gelar Pelatihan dan Pembinaan

Wujudkan Konsumen Cerdas, Disperindag Gelar Pelatihan dan Pembinaan

0
SHARE

TangerangPos.com, Kota Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag) Kota Tangerang menggelar pelatihan konsumen cerdas kepada puluhan ibu rumah tangga (IRT) di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Acara pelatihan berlangsung di Aula Kecamatan Larangan yang diikuti sebanyak 55 peserta dan dibuka oleh Sekcam Larangan, Syamsul Karmala menghadirkan narasumber yang kompeten internal Disperindag Kasi Perdagangan Dalam Negeri Fahmi Imam dan Kabid Perdagangan, Junizar.

Junizar, Kabid Perdagangan pada Disperindag Kota Tangerang menegaskan, pelatihan tersebut sejatinya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat supaya menjadi konsumen cerdas dan tahu atas hak kewajibannya.

“Ini merupakan kegiatan yang kedua, yang pertama kita lakukan khusus untuk para pengusahanya, seperti pengelola ritel, pasar tradisional dan mini market yang ada di Kota Tangerang, pada saat itu kita juga menyampaikan kewajiban-kewajiban mereka sebagai penjual,” terang Junijar, Rabu (9/5/2018) kemarin.

Dia melanjutkan, kegiatan pelatihan konsumen cerdas dan pengawasan peredaran barang dan jasa, akan dilakukan di 13 Kecamatan se-Kota Tangerang, melalui tokoh-tokoh yang ada dimasing-masing Kecamatan.

“Sasaran Disperindag Kota Tangerang sebenarnya adalah masyarakat, akan tetapi kita lakukan melalui para kader dan Jupen Kelurahan dan juga diantaranya dari Ibu RT RW,” katanya menjelasakn.

Dalam kesempatan itu dia menegaskan, harapannya mereka yang telah dilakukan pembinaan bisa menjadi kepanjangan tangan Pemkot Tangerang untuk diimplentasikan ke bawah.

Junizar beralasan, sebab Disperidag Kota Tangerang tidak mungkin mampu untuk mengcover seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk mencetak konsumen yang cerdas dalam melihat dan menggunakan haknya sebagai pembeli.

“Makanya, peserta ini selain hadir untuk diri sendiri, tetapi juga hadir sebagai perwakilan warga yang ada di wilayahnya masing-masing, karena tidak mungkin juga kita mensosialisasikan kepada 120.000 warga Larangan saat ini,” tegasnya berharap.

Dia menambahkan, adapun mekanisme pengaduan untuk konsumen yang dirugikan, pada hari ini, Disperindag Kota Tangerang menyampaikan dalam pelatihan konsumen cerdas.

“Materinya kita sampaikan hari ini, karena kita kan dilindungi oleh Undang-undang, peraturan Kemendag dan Peraturan Daerah di Kota Tangerang,” tandasnya. (des/put).