Home Tangerang Kota 6912 Botol Miras Diamankan Satpol PP Kota Tangerang

6912 Botol Miras Diamankan Satpol PP Kota Tangerang

0
SHARE
Kabid Gakumda bersama Tim saat Penggerebegan Gudang Miras. Foto : tagor

TangerangPos.com, Kota Tangerang – Satuan Polisi pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang menggerebek Gudang Miras di Perumahan Kroncong Permai, RT007/002, Kelurahan Kroncong, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Kamis (19/7/2018).

Dalam operasi penegakan Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 tahun 2005 tentang larangan peredaran dan penjualan miras di Kota Tangerang itu petugas mengamankan sebanyak 6.912 botol miras berbagai merk.

Kasatpol PP Kota Tangerang, Mumung Nurwana mengatakan bahwa dari hasil operasi itu pihaknya telah mengamankan ribuan barang bukti miras dari sebuah gudang yang berada di Perumahan Kroncong Permai.

Pemilik Gudang Miras berinisal (S) itu, kata Mumung merupakan muka lama dan pernah digerebek sebelumnya, bahkan sempat dikenakan hukum pidana karena membakar kendaraan operasional milik Satpol PP, beberapa waktu lalu.

“Dengan berpakaian preman, tim melakukan pengerebekan ke Gudang Miras. Hasilnya kami temukan sebanyak 6.912 minuman beralkohol berbagai merk,” ujar Mumung usai pengerebekan.

Selanjutnya kata Mumung, Gudang Miras tersebut langsung disegel dan ribuan botol miras langsung diamankan sebagai barang bukti. Sebagai sanksinya pemilik dikenakan sidang tindak pidana ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri Tangerang.

“Minuman beralkhol itu jika ditaksir senilai Rp.241 juta. Barang bukti kita amankan dan langsung kita kenakan Tipiring di Pengadilan,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah (Kabid Gakumda) Kaonang menjelaskan, Target Operasi (TO) itu sebenarnya ada beberapa, cuman dikarenakan satu target ini sangat banyak minum kerasnya, sehingga Satpol PP perlu mengangkat dengan waktu berjam jam jadi baru dua target ini saja yang di razia.

“Di gudang tersebut kami amankan sebanyak 6.912 botol yang kami angkut dengan 6 kol pasukan, ditambah 1 truk,” ujarnya

Kaonang menjelaskan, keputusan hakim saat sidang tipiring untuk pemilik miras jenis CIU yang Satpol PP dapatkan sebanyak 2 drigen, diberi sanksi denda sebesar Rp 500.000 ribu atau pidana penjara selama 2 bulan.

“Sedangkan untuk pemilik gudang diberi sanksi denda sebesar Rp 2.500.000 ribu atau hukuman pidana penjara selama 3 bulan. Dan apapun keputusan hakim kami akan terima walaupun korbannya anak anak di Kota Tangerang,” pungkasnya. (gor)